Minggu, 13 November 2011

Gw ngga bisa masak, Gimana Ya ?


I’am Back !,

Kali ini gw akan coba menulis tentang sedikit tips bagaimana bertahan hidup di G-Town kalau kita ngga bisa masak ( Sama sekali ngga bisa masak..kaya gw pastiya .. :-p ), yang pasti tulisan ini bukan tentang resep masakan, jadi ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan , yaitu :

1. Beli makanan Jadi atau Frozen Food

Ini adalah cara yang paling gampaang..ibaratnya ngga pakai mikiir..modalnya cuman satu..UANG.. yaa sepanjang kita punya uang mah gampang itu.. atauuu kita punya teman yang baiiiik banget yang mau beliin kita makanan .. :-p , makanan jadi disini banyak tinggal pilih sesuai dengan selera dan sama isi kantong pastinya !.. tapi jangan kita bandingin dengan harga di Indo..bisa sakit ati ntar,, makanya ngga disarankan !.. pilihanya ya beli sama makan aja , ngga usah dipikirin harganya.. tapi kalau mau lebih hemat buat beli makanan jadi atau frozen food, bisa beli di Pasar disini, itu harganya bisa lebih murah. Di G-Town ini pasar buka beberapa hari dalam seminggu, kalau gw ngga salah, hari selasa, Jumat, sama Sabtu kali ya..

Tapiii…gw sarankan jangan terlalu sering untuk beli makanan jadi atau frozen food karena selain ngga bagus buat isi kantong, hal tersebut juga kurang baik buat kesehatan karena ngga freesssh, ya masalah beli makanan jadi atau frozen food boleh laaah, buat sekedar bertahan pas hari-hari pertama kita hidup atau sekedar buat selingan aja, tapi ngga buat selamanya, Deal !, jadi ada cara lain biar kita bisa menikmati sedikit makanan yang “segaar” atau setidaknya “mirip-mirip “ dengan masakan di rumah..ooooo Home Sweet Homeee….

Yaitu : ( baca Point 2 dan seterusnya pastinya.. :-p )

2. Ikut Acara PPI

Yuup, sebagai orang Indonesia di negeri antah berantah ini , kita ada yang namanya Perhimpunan Pelajar Indonesia gitu deh, nah organisasi ini kurang lebih sebagai wadah buat para pelajar / mahasiswa Indonesia untuk saling berinteraksi, ya namanya juga di negeri orang kan ya, apalagi buat pelajar / mahasiwa baru, maka dengan adanya PPI ini amat membantu untuk “beradaptasi” di negeri orang,

Naah jadi apa hubungannya antara ngga bisa masak dengan Acara PPI, yaituu..biasanya PPI itu suka buat acara, tipe acaranya ya bisa sekedar rapat, pertemuan, silahturahmi, atau apa aja lah pokoknya namanya kumpul-kumpul.. :-p , dan biasanya ( hamper 90 % lah ) minimal di setiap acara itu ada makanannyaaaaa…minimal snack lah..daan kalau udah masak..itu biasanya ada yang namanya makanan Indonesia..YUMMY !, jadi kita bisa makan deeeh, mayan kaaan.. :-p , tapi setidaknya ada beberapa hal yang gw saranin yaitu, akan lebih baik kalau sehabis makan ya setidaknya kita bantu lah buat cuci piringnya atau bersih bersih ruangan, jadi JANGAN HABIS MAKAN TERUS “KABUR “.. selain itu akan lebih baiiik lagi kalau kita sendiri untuk coba “berpartisipasi” dalam setiap kegiatan PPI, meski tugas utama kita sebagai pelajar / mahasiwa adalah belajar, tapi ngga ada salahnya juga kalau kita bisa “membahagiakan” sesama kita dengan “berpartisipasi” dengan kegiatan PPI, apapun itu, ngga harus muluk-muluk, entah berpartisipasi sebagai tukang jemput mahasiswa baru, ikut olahraga bareng PPI ( biar ngga jago-jago amat juga ..ngga masalah ! ), tukar pikiran ( semampu kita aja, ngga usah dipaksa, daripada tambah ngga nyambung ntar.. :-p ). Atau kegiatan lainnya sehingga ada semacam SIMBIOSIS MUTUALISME antara kita dengan PPI, di satu sisi kita bisa mendapatkan makanan yang “normal “ dan di sisi lain Kita juga bisa memberikan sumbangsih yang positif buat PPI, apapun itu ..sepanjang niatnya baik maka hasilnya pasti baik.. :-p

3. Punya Skill Cuci Piring

Maksud gw skill disini..bukan kaya skill kaya kita harus jagoo banget main basket atau sepakbola atau gimana.. :-p, tapi sepanjang kita bisa membedakan mana antara sabun buat cuci piring sama sabun mandi sama bisa nyabunin piring kotor and the gank , ya jadilah kita sedikit “terselamatkan “ .. :-p

Salah satu yang sampai saat ini gw andalkan adalah usaha buat cuci piriing and the gank .. makanya gw taruh gambar piring kotor diatas.. :-p, jadi gini, kadang kan kita suka diundang buat makan bareng, entah itu dengan teman satu koridor, baik sesama orang Indonesia atau bukan, syukur – syukur diajakin makan sama cewe yang “ menarik “ kan lumayan tuh.. naaaah..karena kita ngga bisa masak, jadi apa yang bisa kita lakukan selain berbasa-basi , yaitu yaaa..cuci piriing , habis selesai makan..sekali lagi jangan So Bodoh , ya tawarkan diri untuk mencuci piring kotor and The Gank , berdasarkan pengalaman gw.. kalau kita bisa mencuci dengan baik dan benar.. maka ada kemungkinan postif yang kita dapet, diantaranya, ada kemungkinan kita diundang makan lagi !!!, terus ada juga kemungkinan Kita dikasih Makanan Lagi !!, enak ngga tuh …oleh karena itu, janganlah segan untuk mencuci piring kotor dan teman-temannya..

4. Belajar Masak ( Pastinya !.. )

Poin terakhir ini mau ngga mau harus kita hadapi !, somehow meski kita sama sekali ngga bisa masak ( even gw aja cara motong bawang yang baik dan benar aja ngga tahu,, :-p ), kita haruus coba dan berusaha, ya ngga perlu muluk-muluk kita bisa coba masak yang simple-simple aja dulu, kaya goreng telur, buat spaghetti, buat sayur bayam, dan sejenisnya… dimana kita bisa belajar ituuu…tenang , pertama kita bisa belajar dari orang yang bisa masak ( pastinya ! ) jadi loe jangan coba Tanya cara masak sama student manager ( kecuali student manager loe baiiik bangeet ).. kedua, kita bisa belajar dari internet..ya setidaknya disini internet ada gunanyaa.. o ia FYI disini internet cepet aja jadi jangan khawatir, ketiga dan ini yang biasa gw lakuin..Eksperimen Sendiri !, maksudnya eksperimen sendiri ya kita bisa coba untuk “mencampur “ bahan yang setidaknya bisa dimakan untuk kita masak..tapii kita harus SIAP MENTAL dengan apapun hasilnya, syukur – syukur berhasil dan enak ( kalau pengalaman gw, banyakan ngga berhasilnya ..tapi ngga peduli asal bisa dimakan ya sikat aja ! ), o ia satu lagi, usahakan jangan suka membuang makanan hanya karena kita ngga suka atau Karena kita kurang puas dengan hasil eksperimen kita, tolong diingat masih banyak orang yang kekurangan dan buat makan aja susah diluar sana..

Yaaa..begitulah sedikit saran dari Gw, semoga dapat memberikan sedikit “pencerahan “ … See Yaaaaa

GOD IS LOVE, THUG LOVE

Tidak ada komentar: